Selayang Pandang Satuan Kerja

.:: SELAYANG PANDANG SATUAN KERJA ::.

Rutan Perempuan Kelas IIA Surabaya, merupakan salah satu unit pelaksana teknis Pemasyarakatan di bawah naungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. Berdiri pada Maret 2017, pada saat itu Rutan Perempuan Kelas IIA Surabaya masih berada satu atap dengan Rutan Kelas I Surabaya. Selama kurang lebih 3 tahun menempati blok wanita Rutan Kelas I Surabaya, berbagai tantangan telah berhasil dilewati sebagai UPT termuda di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Timur.

Dan tahun 2020, menjadi tahun yang bersejarah bagi kami, Rutan Perempuan Kelas IIA Surabaya.

21 Februari 2020, menjadi langkah awal kami menapaki rumah baru. Kami menempati gedung baru yang berlokasi di Jalan Pemasyarakatan, Desa Kebonagung, Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, yang kemudian diresmikan oleh Menteri Hukum dan HAM RI, Bapak Yasonna H. Laoly pada tanggal 27 April 2020.

Bukanlah sesuatu yang mudah untuk menata rumah baru kami. Perlahan tapi pasti, kami terus berbenah demi mewujudkan lingkungan Rutan yang bersih, hijau, asri, dan nyaman. Kondisi geografis tanah yang tidak mudah untuk dibuat penghijauan menjadi salah tantangan terbesar bagi kami. Namun dengan niat dan usaha dari semua pihak, kami berhasil mengubah lahan kosong menjadi sarana bercocok tanam.

Kebun sayur, buah, serta kolam ternak ikan lele, menjadi salah satu keberhasilan kami dalam mengelola lahan kosong yang tersedia. Kebun dan kolam ini juga dikelola langsung oleh warga binaan sehingga menjadi salah satu upaya kami dalam membina warga binaan sebelum nantinya kembali ke masyarakat.

Sebagai unit pelaksana teknis yang juga memiliki tugas dan fungsi di bidang pembinaan, berbagai program pembinaan kepribadian dan pembinaan kemandirian bagi warga binaan telah berhasil kami laksanakan seperti kegiatan pembinaan keagamaan, asimilasi kerja sosial, pelatihan batik shibori, dan pelatihan pijat refleksi. Hal ini merupakan komitmen kami dalam memberikan bekal kemandirian sebelum nantinya mereka kembali berbaur dengan masyarakat.

Dalam rangka mewujudkan Zero HALINAR, Rutan Perempuan Surabaya terus mengikis peredaran handphone dan narkoba di dalam Rutan. Pada pertengahan tahun 2020, kami telah melaksanakan pemusnahan seluruh barang bukti hasil sitaan warga binaan berupa ratusan unit handphone, power bank, kabel charger, dan barang terlarang lainnya. Operasi penggeledahan secara insidentil dan berkala juga terus dilakukan sebagai bukti keseriusan kami untuk mencegah peredaran handphone dan narkoba di dalam Rutan. Dan di akhir tahun ini, kami telah berhasil mewujudkan zero pelanggaran handphone dan narkoba oleh warga binaan.

Dalam rangka mewujudkan Rutan yang bebas dari pungli dan peredaran uang, kami telah berhasil melaksanakan kerja sama dengan PT Bank Negara Indonesia dengan melakukan pembukaan rekening bagi masing-masing warga binaan yang disertai buku tabungan dengan kartu ATM dan kartu BNI tap cash. Sehingga saat ini, seluruh warga binaan tidak lagi menggunakan uang tunai dalam bertransaksi. Warga binaan dapat menggunakan kartu tap cash yang memudahkan dalam pembayaran maupun penerimaan uang dari keluarga maupun kerabat. Hal ini juga merupakan komitmen kami untuk meminimalisir tindak penyalahgunaan uang tunai yang dapat berakibat pada gangguan keamanan dan ketertiban di dalam Rutan.

Dalam penerapan reformasi birokrasi berbasis digital, kami akan terus berproses untuk membangun Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani. Kami telah berkomitmen untuk senantiasa memberikan pelayanan yang terbaik, no gratifikasi, tidak korupsi, tidak lamban, dan tidak mempersulit. Penegakan integritas dan pelayanan berkualitas menjadi acuan kami untuk mewujudkan visi dan misi Rutan Perempuan Kelas IIA Surabaya tentang pelayanan publik yang PASTI.

Guna mempermudah pemberian informasi, kami menyediakan duta layanan sebagai garda terdepan dalam merespon berbagai pertanyaan, keluhan, kritik, maupun saran. Selain itu sebagai salah bentuk respon pelayanan prima kepada warga binaan, kami juga memberikan layanan konsultasi gratis. Tersedianya komputer self service di dalam blok hunian juga mempermudah warga binaan dalam memperoleh informasi mengenai tanggal bebas, perkiraan remisi, serta hak untuk mendapatkan asimilasi dan integrasi.

Situasi pandemi yang melanda saat ini tidak membuat kami gentar. Justru hal tersebut menjadi tantangan bagi kami untuk terus memberikan pelayanan dan kinerja terbaik. Berbagai inovasi pelayanan publik terus kami lakukan di masa pandemi saat ini, seperti mengganti kegiatan kunjungan yang ditiadakan karena pademi dengan layanan video call yang diberikan secara gratis bagi warga binaan serta penitipan barang kunjungan dari keluarga maupun kerabat warga binaan.

Sebagai antisipasi penyebaran Covid-19 di dalam Rutan, upaya-upaya pencegahan dan penanganan telah kami lakukan dengan melaksanakan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin. Sosialisasi bahaya Covid-19 bagi warga binaan maupun masyarakat luas, pembagian masker dan hand sanitizer, penyemprotan desinfektan di seluruh area Rutan, pelaksanaan rapid test bagi seluruh pegawai, serta pelaksanaan swab test bagi warga binaan yang terkonfirmasi reaktif, menjadi komitmen kami dalam memerangi pandemi Covid-19.

Keterbukaan informasi publik menjadi salah satu wujud nyata kami untuk terus memberikan pelayanan yang prima. Hal ini kami wujudkan dengan memberikan sarana informasi yang dapat diakses melalui media sosial kami berupa website, Instagram, Twitter, Facebook, dan YouTube sehingga masyarakat lebih mudah dalam mengakses informasi layanan.

Ke depan, kami akan semakin berkomitmen dalam menjalankan tugas dan fungsi dengan berlandaskan tata nilai PASTI dan HEBAT. Perubahan-perubahan akan senantiasa kami lakukan baik dalam hal tata kelola administrasi, budaya kerja, dan yang paling utama dalam bidang pelayanan publik. Kami berkomitmen untuk memenuhi kepuasan pengguna layanan melalui pembangunan manusia mandiri serta peningkatan di segala bidang yang dilakukan secara berkesinambungan dalam rangka memberikan kontribusi positif kepada Kementerian Hukum dan HAM yaitu untuk meraih kinerja Kumham yang lebih pasti.

--------------------------------------

Dukung kami Rutan Perempuan Kelas IIA Surabaya dalam melaksanakaan reformasi birokrasi dalam rangka membangun zona integritas demi mewujudkan wilayah kerja yang bebas dari korupsi serta wilayah birokrasi yang bersih dan melayani.

RUTAN PEREMPUAN SURABAYA… PASTI TATAG!

JATIM… PASTI HEBAT!

JATIM… HEBAT! HEBAT! HEBAT!

SALAM PEMBAHARUAN… KAMI PASTI!

logo besar kuning
RUMAH TAHANAN NEGARA PEREMPUAN KELAS IIA SURABAYA
KANWIL KEMENKUMHAM JAWA TIMUR

Jalan Pemasyarakatan I, RT.22/RW.04, Balongsari, Kebonagung, Kec. Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61274
+62 81231955589 (chat only)

Email Kehumasan
rutanperempuansbymedia@gmail.com

Email Satker
turutanperempuansurabaya@gmail.com

Hari ini62
Kemarin79
Minggu ini141
Bulan ini2951
Total 72581

30-04-2024